Lima ( 5 ) Centimeter ( Cm ) ~ My Passion

12 Februari 2008

Lima ( 5 ) Centimeter ( Cm )

5 Cm adalah sebuah novel karya dari Donny Dhirgantoro.Saya sebenarnya sudah pernah membaca buku sejak baru awal-awal terbit. Secara tak sengaja seorang teman membawa buku tersebut ke kantor. Dan setelah sekilas membacanya, kok ternyata isinya asyik banget. And then, buku itu saya pinjam dan saya baca sampai selesai. Memang bener-bener asyik ketika sudah menyelesaikan halaman demi halaman, bab demi bab, mengikuti perjalanan 5 sahabat karib yang penuh dengan ciri khas masing-masing. Apalagi diselingi kisah cinta yang endingnya ternyata sangat mengejutkan, di luar perkiraan saya sebagai pembaca.

Entah bagaimana bisa, ketika minggu lalu saya jalan ke Gramedia di bilangan Matraman Raya, saya melihat buku itu lagi. Saya pikir, tidak ada salahnya kalau saya beli buku itu untuk dibaca dan itung-itung seneng bisa punya sendiri. Dan bisa ditebak, saya baca itu buku lagi. Kalau saya boleh bilang, pelajaran berharga dari kisah tersebut adalah suatu keinginan kita akan dapat kita raih selama kita punya niat yang lurus dan usaha yang tidak kenal menyerah. Hal tersebut bisa kita lihat dari kisah seorang Ian ketika ia berusaha keras demi selesainya skripsi yang telah lama ia tinggalkan. Atau yang paling heroik adalah semangat mereka mengatasi segala perasaan lelah,sakit,takut ketika menuju ke Mahameru,puncak tertinggi di pulau Jawa. Jujur saya ingin sekali ke Mahameru suatu saat nanti setelah membaca buku tersebut. Merasakan hawa Ranu Pane, menikmati dinginnya hembusan angin gunung, merasakan segarnya air danau ranu kumbolo, dan melihat awan yang seakan-akan ada di bawah kaki kita.
Ternyata Indonesia sangat indah. Tak seperti yang kita lihat sehari - hari. Bagi saya yang hidup di Jakarta, merasa sangat jengah dengan kondisi ibu kota ini. Kebisingan, kemacetan, kriminalitas, jurang sosial yang sangat tinggi, telah menutupi keindahan Indonesia. Ternyata di luar sana ada kedamaian, ada kelembutan, ada sunggingan senyum dari alam yang maha kaya. Dan kita memang sekali-kali harus keluar dari gua kehidupan kita sehari-hari untuk sementara waktu. Melihat sesuatu yang berbeda di luat gua kita selama ini bukan suatu hal yang dilarang kan ? Mungkin dengan melakukan hal tersebut akan merubah persepsi kita tentang kehidupan dengan lika-likunya. Membuka mata hati kita bahwa dunia ini luas, dan tidak hanya apa yang ada di depan mata kita.

Luruskan niat, bersihkan hati, pupuk semangat kita demi meraih apa-apa yang kita inginkan dan mimpikan. Pandang ke depan dengan optimisme tinggi, dan taruhlah semua mimpi,cita,dan angan kita tepat 5 cm di depan kepala kita. Pegang kuat-kuat, dan jangan sampai merasa putus asa. Hadapi semua rintangan , tantangan dan penderitaan dengan senyuman penuh kemenangan. Karena menantang rintangan dan penderitaan itu lebih mulia daripada surut ke belakang menuju ketentraman. Rama-rama yang berputar putar di sekitar lampu hingga mati lebih terhormat daripada tikus yang hidup dalam terowongan gelap ( K. Gibran ).




Your cOmment"s Here! Hover Your cUrsOr to leave a cOmment.